Hindari Demam Ditanggal Tua, Begini Caranya…

Share this Article

PENGALAMAN pertama bekerja itu adalah momen-momen yang tak bisa dilupakan. Selain mengharap gajih pertama Anda juga memiliki lingkungan baru serta ilmu baru.

Maklum ya, namanya juga fresh graduate pasti dengan suasana seperti ini akan merasa bingung, bahkan tak jarang orang berkata ‘oh kerja ternyata begini’. Tapi setelah mendapat gajih pertama Anda sangat bahagia sekali, meski gajih fresh graduate nggak fantastis. Nah, kehabagian itu akan menjadi demam tanggal tua, loh, kok bisa?

Istilah di atas itu hanyalah kondisi seseorang yang akan mengalami keadaan keuangan berkurang, bahkan bisa-bisa habis dalam dua atau satu Minggu setelah gajian. Demam tanggal tua juga nggak berlaku untuk pekerja baru, tapi para profesional juga mengalami karena tidak mampu mengelola keuangannya.

Jika tidak dirubah, atau istilahnya diobati ‘demam tanggal tua’ bisa menjadi wabah serta menjadi ancaman finansial Anda. Inilah beberapa obat mujarab yang bisa menyadarkan agar Anda dapat mengelola keuangan.

Kurangi pengeluaran keinginan

Memangkas pengeluaran itu menjadi obat pertama dalam mengelola anggaran Anda. Pisahkan semua anggaran untuk membagi-bagi, seperti untuk kebutuhan mendesak dan mendasar.

Memangkas semua keinginan, tapi bukan berartinya tidak boleh membelinya ya, jika ada uang lebih silahkan untuk membelinya. Jadi, pada intinya pangkas semua keinginan yang tak perlu dan atur semua anggaran transportasi dan makan, memang sulit dilakukan tapi jika tidak dilakukan Anda akan begitu terus.

Prioritas

Pastikan prioritas pengeluaran uang Anda, misalnya sisihkan untuk pajak, tabungan, serta investasi. Usahakan jangan pentingkan kebutuhan sekunder seperti membeli barang yang tak dibutuhkan, nah dengan begitu Anda bisa menghemat anggaran dan demam tanggal tua tak menghampiri Anda lagi.

Hindari kartu kredit

Sebagian orang memang tak lepas dari kartu kredit, karena dapat memudahkan bertransaksi serta membantu suatu keinginan meski uang pas-pasan. Tapi jika Anda niat menabung, jangan coba-coba membuat kartu kredit kecuali mendesak.

Memang memiliki kartu kredit terlihat mudah untuk mendapatkan sesuatu, tapi itu hanyalah jika dilihat dari luar. Sesungguhnya kartu kredit itu hanya menambah beban hutang, sehingga Anda akan terkait tagihan di tanggal muda setelah gajian.

Mikir dua kali untuk ngutang

Sebenarnya hal ini mendekati kartu kredit, tapi zaman sudah canggih meski tanpa kartu kredit, pinjaman online sekarang bertebaran di mana-mana. Jangan sampai Anda meminjam, karena itu sama saja ‘gali lobang tutup lobang’ mending kalau sekira uang Anda pas buat bulan ini ya nggak usah ngutang, mending duit habis dari pada maksain ngutang dan ternyata kedepannya tersiksa karena harus membayarnya hal-hal yang tidak produktif.

Semoga dari ulasan di atas bermanfaat dan membuat Anda berfikir dalam mengelola keuangan.

Sumber: berbagai sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *