Sejarah Lahirnya Keju di Dunia…

Share this Article

Siapa sih yang enggak kenal keju, selain rasanya enak makanan ini juga sehat untuk tubuh loh. Bahkan diseluruh dunia mengkonsumsinya, keju juga banyak pilihan.

Sebagian orang keju digunakan sebagai menu utama yang lezat, atau bisa sebagai salah satu bahan dalam hidangan. Bahkan biasanya di Amerika Serikat itu selalu merayakan hari keju yang jatuh pada 4 Juni lalu.

Meski begitu, banyak orang yang tak bisa mengetahui asal usul hari keju. Kendati demikian, hari keju merupakan hari istemewa untuk masyarakat melihat keju adalah makanan tertua di dunia.

Menurut sejarah yang dilansir National Day, diperkirakan keju pertama kali dibuat sekitar tahun 8000 SM (sebelum masehi). Tepatnya setelah adanya demostikasi hewan.

Salah seorang arkeolog, diyakini telah menemukan bahwa keju tersedia di beberapa tempat dan periode sejarah yang berbeda. Seperti di Polandia pada 5500 SM, Mesir pada 2000 SM, dan Tiongkok pada 3000 tahun lalu.

Menurut para ahli sejarah menjelaskan bahwa keju pada awalnya itu dibuat tanpa kesengajaan. Berawal dari para gembala menaruh susu di dalam perut hewan.

Setelah diteliti ternyata Enzim yang berada di perut hewan tersebut membuat susu berubah kental sehingga menjadi dadih dan whey.

Saat itulah, beberapa orang mengetahui sehingga keju hingga kini sudah berkembang pesat, bahkan sekitar 1.400 macam keju sudah mendunia.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *