Sebelum Meninggal, Kata-Kata Terakhir Pasien Virus Corona Bikin…

Share this Article

Banyak korban yang berjuang dalam melawan virus Corona atau Covid-19 ini, bukan hanya itu saja! Pasien juga harus melawan virus yang menggerogoti tubuhnya, tapi sebaliknya justru pasien juga dihadapi beban besar.

Meski harus melawan virus tersebut, pasien juga harus memikirkan biaya perawatan selama di rumah sakit. Ya! Inilah kisah yang diungguh oleh seorang perawat anestesi bersertifikat yang sedang bertugas di rumah sakit di Kota New York, Amerika Serikat (AS).

Derrick Smith merupakan perawat yang membagikan postingan kisah haru ini, kenapa dia bisa bilang begitu? Karena baru-baru ini dia mendengar apa yang dikatakan oleh salah satu pasien Covid-19 sebelum menghembuskan napas terakhir.

Kata-kata pasien itu mungkin tidak panjang, serta enggan memiliki arti yang dalam. Tapi baginya, kalimat tersebut yang diucapkan pasien sebelum meninggal dunia sontak membuatnya hatinya hancur! Loh kok bisa? Ya! Bahkan dia menyebut ini adalah pengalaman terburuknya.

Menurutnya dia, bukan hanya saat wabah virus Corona ini, tapi selama 12 berkarir sebagai perawat, sungguh pengalaman yang sangat buruk bagiku.

Mengapa perawat ini sangat merasa bersalah bahkan hingga hatinya hancur? Sebenarnya berawal dari ucapan pasien laki-laki yang sekarang, bahkan ia sulit bernafas serta mengucapkan kalimat dari mulutnya,”Siapa yang akan membayar semua ini?”

“Kalimat itu yang keluar dari mulut pasien yang sudah meninggal dunia, bahkan kata-kata itu tak pernah saya lupakan,” ujar Smith.

“Miris sekali, bahkan jujur saya sangat sedih mendengarnya. Itu merupakan kalimat yang menandakan kita sebenarnya telah gagal saat pasien masih memikirkan masalah keuangan mereka, padahal ia sedang berhadapan dengan masalah yang jauh lebih besar, berkaitan hidup dan mati,” tuturnya.

Melihat pasien tersebut, Smith dengan sekuat tenaga menahan tangis di depan pasien yang menggunakan ventilator. Dia justru mengalihkan pembicaraan serta memanggil istri pasien untuk melihat kepergian suaminya tersebut.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *