Ponsel Ngelag Saat Menjalankan Aplikasi? Ketahuilah Penyebabnya!

Share this Article

Terkadang di saat seru-serunya bermain game, eh ngelag… dan itu sangat menjengkelkan serta membuyarkan keasyikan bermain. Nah, perlu diketahui nih! Lagging pada ponsel kamu itu bisa dipengaruh dari beberapa faktor.

Sebelum mendownload game lebih baik melihat kapasitas gamenya, terkadang ada persyaratan sistem berbeda-beda, seperti jenis ukuran, kualitas grafis hingga jumlah data. Pastinya jika itu semua ingin berjalan lancar, ponsel harus memenuhi kreteria agar memadai.

Dikutip dari berbagai sumber, syaratnya cuma satu sih, memenuhi aspek. Apabila tidak, ya berisiko ponsel ngelag apalagi kalau menjalankan game yang berukuran besar. Nah, jadi kami disini akan memberikan faktor apa saja yang bikin ponsel kamu jadi ngelag.

1. Kapasitas RAM

RAM, pastinya ini berpengaruh untuk lancarnya aplikasi yang ada di ponsel , ya seperti game. Karena game yang memiliki grafis tinggi akan memakan memori itu pastinya akan berhubungan besarnya RAM. Jadi, jangan heran ya… kalau ngelag saat menjalankan game, berarti ponsel kamu itu RAM-nya kecil atau tidak mencukupi kreteria game tersebut.

2. Performa CPU dan GPU

Sama pentingnya dengan nomor 1, yaitu CPU dan GPU berpengaruh banget nih untuk grafis yang berkualitas tinggi. Semakin tinggi kecepatan CPU, maka memproses data semakin cepat sehingga jarang terjadi ngelag saat bermain game.

3. Memori Penuh

Akibat memori internal penuh, ruang untuk menyimpan data aplikasi tidak memadai. Hal itu bisa menjadi penyebab ponsel mengalami lag saat memainkan game yang butuh ruang penyimpanan data besar.

4. Konektivitas

Nah, yang satu ini sih jangan ditanya ya… karena mayoritas game sekarang menggunakan internet atau dimainkan secara online. Sehingga membutuhkan koneksi internet yang memadai, agar lancar saat bermain.

Kalau untuk masalah internet, itu sih pilihan kamu ya? Mungkin bisa dibilang tergantung daerah tempat kamu, apa sih provider yang lancar untuk koneksi internet. Jangan sampai koneksi internet lemah, itu akan memperlambat jaringan internet bahkan bermain game pun tidak optimal alias ngelag.

Nah, itulah beberapa faktor yang membuat ponsel kita menjadi laag saat menjalankan game atau aplikasi lainnya. Semoga bermanfaat…

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *