Penderita Sinusitis Boleh Minum Susu? Ini Jawabannya!

Share this Article

Susu merupakan minuman terbaik bagi kesehatan, dalam kandungan nutrisi yang tinggi disebut menjadikan kondisi tubuh semakin meningkat. Namun, apakah benar penderita sinusitis tidak boleh minum susu.

Seperti yang diketahui, informasi sinusitis atau infeksi sinus adalah kondisi yang dapat menyebabkan sensasi nyeri pada saluran hidung akibatnya peradangan di bagian tersebut. Rasa nyeri bisa menyebabkan demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan gejala lainnya.

Sebagian penderita sinusitis khawatir jika mengonsumsi susu, angur, serta minuman beralkohol karena menganggap minuman itu bisa menyebabkan gejala sinusitis semakin parah. Namun, semua anggapan itu benar, pakar kesehatan menganjurkan agar mengurangi bahkan menghindarinya.

Khusunya penderita sinusitis disarankan agar memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini membantu menjaga kelembapan selaput lender sehingga meredakan gejala sinus. Justru mereka disarankan untuk mengonsumsi teh herbal yang hangat, namun, pastikan kandungan garam atau gula di dalamnya tidak berlebihan.

Untuk lebih baiknya penderita sinusitis itu mengonsumsi makanan tinggi vitamin C, untuk mengatasi pilek dan infeksi saluran pernapasan. Makanan yang harus dikonsumsi seperti stroberi, jeruk, paprika, dan brokoli.

Mengatasi sinusitis juga bisa dengan meminum minuman jahe hangat, karena membantu melawan infeksi dan flu.

Namun, sinusitis berbeda dengan flu yang biasanya akan mereda dengan sendirinya, sinusitis harus ditangani dengan lebih serius seperti dengan mengonsumsi antibiotik. Selain itu, dokter juga bisa memberikan terapi sinus irrigation demi membunuh berbagai macam kuman penyebab masalah kesehatannya.

Jika infeksi sinus sudah berlangsung dengan sangat parah dan tak kunjung mereda meskipun sudah diberi antibiotik atau obat steroid, ada baiknya penderitanya juga berkunjung ke dokter THT demi mendapatkan penanganan yang lebih baik seperti operasi.

Pakar kesehatan menyebut mereka yang mengalami masalah alergi atau hobi merokok lebih rentan terkena masalah sinusitis. Karena alasan inilah sebaiknya memang kita lebih cermat jika mengalami alergi dan sebaiknya menghindari rokok.

Sumber
Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *