Overthinking Berlebihan? Coba Kamu Lakukan Ini!

Share this Article

Seseorang pasti mempunyai pemikiran suatu hal secara berlebihan atau overthinking, memang terdengar tidak serius. Di sisi lain, overthinking bisa jadi positif untuk memikirkan segala suatu yang mungkin terjadi, serta menghindari hal buruk yang akan terjadi.

Namun overthinking bisa menjadi negatif, seperti membuang-buang waktu dan menguras tenaga yang dapat menimbulkan kecemasan pada diri sendiri.

Terkadang orang yang overthinking merasa dirinya dihantui oleh masalah, hal itu bisa menganggu kondisi kesehatan mental.

Orang yang mengalami overthinking itu cenderung sulit mengambil keputusan dan hanya memikirkan hal negatifnya yang akan terjadi padanya.

Nah untuk kalian yang mengalami seperti itu, inilah beberapa tips yang dapat mengatasi semua itu:

Jangan Simpan Masalah

Coba untuk terbuka serta ceritakan masalamu kepada orang terdekat. Mungkin dengan bercerita, kamu dapat saran positif dari orang terdekat.

Jika kalian berfikir untuk menyimpan dalam-dalam, kamu tidak akan pernah menemukan solusi yang tepat bahkan semakin menjadi orang overthinking.

Belajar Mengambil Keputusan

Mengambil keputusan dengan tepat, jika sebelumnya merasa bimbang, mulai saat inilah beranikan untuk mengambil keputusan. Memang setiap keputusan pasti memiliki risiko, dan memang harus dilakukan.

Tidak perlu memikirkan sesuatu yang belum terjadi, ada hal positif tapi ada juga hal yang negatif yang dapat merugikanmu. Cobalah mulai dari sekarang untuk niat dan tekad, melakukan hal-hal kecil yang dapat mengarahkan kamu ke arah kebaikan.

Lakukan Sosialisasi Dengan Orang Sekitar

Jangan sering menghabiskan waktumu dengan kesendirian, coba bersosialisasi itu bisa membuatmu tidak overthinking. Mulailah untuk melakukan sosialisasi bersama teman-temanmu, agar bisa menambah teman serta membangun relasi yang baik.

Nah, itulah yang akan mengatasi overthinking kamu. Lakukan dan jangan pernah terus menerus menyendiri, usahakan hidupmu lebih berwarna!

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *