Makanan Berbahan Listrik, Air Dan Udara, Pernah Coba?

Share this Article

Bahan makanan yang dibuat bukan dari olahan tumbuhan atau hewan, melainkan berbahan listrik, air dan udara. Bagaimana cara membayangkan sebuah makanan tersebut, perusahaan asal Finlandia bernama Solar Foods menjual makanan berbahan unik.

Solein adalah produk makanan yang berbahan dari listrik, air dan udara, akan dipasarkan pada 2021 mendatang. Selain itu, Solar Foods menggandeng Badan Antariksa Eropa (ESA) agar produk ini menjadi ransum para astronot dalam misi ke luar angkasa.

Solar Foods mengklaim bahwa solein merupakan bahan pangan yang tidak terbatas di masa depan.

“Tak tergantung oleh cuaca dan irigasi, solein adalah protein yang tak terbatas dalam batas petanian serta jeratan imajinasi,” tulis Solar Foods.

Perusahaan berlokasi di Helsinki, Finlandia menjelaskan bahwa bahan pangan baru berbentuk tepung serta kaya akan protein dan rasanya tidak jauh dari tepung gandum. Solein berharga 5 euro atau sekitar Rp80 ribu per kilogram yang akan diproduksi pada 2021 mendatang.

Solar Foods mengaku bahwa buatan tepung mirip seperti pembuatan bir, mikroba hidup dimasukkan ke dalam cairan serta diberi asupan karbon dioksida dan gelembung hidrogen-dua material yang diperoleh dari air yang dialiri listrik.

Sementara dari proses itu, mikroba akan menghasilkan protein, lalu dikeringkan untuk menghasilkan tepung solein. “Ini merupakan jenis bahan protein baru, bahkan benar-benar berbeda dengan semua makanan yang ada di pasaran,” kata Pasi Vainikka direktur eksekutif Solar Foods.

Vainikka mengungkapkan bahwa solein adalah bahan pangan yang cukup ramah lingkungan. Ia juga mengatakan jika tepung solein bisa digunakan dalam membuat makanan seperti kue atau roti.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *