Lakukan Cara Ini! Efektif Mengusir Kecemasan COVID-19

Share this Article

Dengan adanya wabah virus Corona atau Covid-19, ahli menyarankan kepada masyarakat agar tetap tenang. Yang paling penting masyarakat berjuang menghentikan penyebaran, untuk selalu berfikir positif di situasi saat ini.

“Pertama itu berfikir positif dan bersikap positif, hingga bertindak positif,” kata Ketua Aliansi Telemedis Indonesia dokter Pumawan di kantor BNPB, Jakarta, Minggu (29/3).

Meneurut Emelsah, psikolog yang telah begabung dari Psikologi Klinis mengetahui keresahaan serta kegelisahan yang dialami masyarakat di saat COVID-19 adalah hal yang wajar.

“Semua gejala itu, menurut kami suatu yang normal. Jadi ini merupakan respon yang normal di kondisi yang tidak normal,” tutur Emeldah.

Pumawan menjelaskan bahwa perasaan seperti itu, secara tidak langsung dapat menurunkan sistem imun. Maka dari itu, ia menyarankan untuk warga agar tetap berfikir positif dalam menjalani kegiatan di rumah secara aktif dan produktif.

“Tanpa disadari, banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Seperti contoh, menanam pohon di halaman rumah, mengambil usaha online bahkan bisa lebih mendekatkan diri pada keluarga,” ujarnya.

Namun hal yang harus diperhatikan masyarakat yakni tentang menjaga kebersihan, makan makanan bergizi, olahraga, serta mengikuti arahan pemerintah dalam upaya menghentikan penyebaran COVID-19.

Untuk mengalihkan pikiran kecemasan terhadap virus Corona, kalian dapat menyibukan diri untuk membersihkan rumah atau melakukan olahraga di dalam rumah, ya paling tidak sekitar 10-30 menit.

“Dan yang paling terpenting berjemur, karena untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Usahakan kegiatan ini dilakukan pada matahari pukul 10 pagi hingga 3 sore, luangkan waktu cukup 15 menit saja,” kata Pumawan.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kalian pembaca, jadi tidak ada yang namanya kecemasan.

Sumber: BNPB

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *