Konsumsi Kopi, Apakah Aman Untuk Kesehatan?

Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan kopi terbesar di dunia. Oleh karena itu wajar bahwa masyarakat Indonesia suka mengonsumsi kopi.


Apakah konsumsi kopi baik untuk kesehatan? Beberapa penelitian belum bisa menyimpulkan baik atau buruk pengaruh kopi untuk kesehatan.

Sebuah studi di konferensi British Cardiovascular Society menunjukkan bahwa minum lima cangkir kopi sehari tidak lebih buruk untuk arteri daripada minum kurang dari satu cangkir.

Penelitian terhadap lebih dari 8.000 orang di seluruh Inggris juga menemukan bahwa bahkan mereka yang minum hingga 25 gelas sehari tidak lebih mungkin mengalami pengerasan pembuluh darah dibandingkan seseorang yang minum kurang dari satu gelas sehari.

Secangkir kopi dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, karena mengandung antioksidan dan telah dikaitkan dengan hidup lebih lama, tetapi beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa kelebihan kopi dapat membahayakan kesehatan jantung.

Para peneliti menemukan bahwa, jika dibandingkan dengan mereka yang minum satu atau dua cangkir sehari, kemungkinan penyakit kardiovaskular adalah 11% lebih tinggi di antara orang dewasa yang tidak minum kopi, 7% lebih tinggi di antara mereka yang minum kopi tanpa kafein dan 22% lebih tinggi di antara mereka mereka yang minum lebih dari enam gelas per hari.

Jadi, “studi ada di mana-mana,” kata Goldberg, seorang sukarelawan ahli di American Heart Association.
“Pikiran saya tentang kopi dan peningkatan risiko penyakit jantung adalah, saya pikir data yang kami miliki sejauh ini tidak cukup untuk memberitahu orang untuk berhenti minum kopi,” katanya. “Kopi mungkin aman selama kamu bukan peminum berat.”

Sumber: cnn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *