Kisah Tunarungu, Susah Cari Kerja, Hingga Mendirikan Kedai Kopi

Share this Article

Putri Santoso bersama temannya sukses mendirikan kedai kopi, namun siapa sangka berisi kaum disabilitas. Mereka membuktikan, jika kaum disabilitas itu mampu membuat karya yang bisa dinikmati orang banyak.

Hal tersebut yang kini membuat terkenal bahkan sudah populer untuk kalangan umum. Kedai kopi yang berisi kaum disabilitas bernama Kopi Tuli (Koptul) itu inspirasi dari Putri Santoso bersama temannya.

Saat nominasi Orami Parenting Awards, Putri terpilih menjadi nominasi serta dirinya menceritakan tentang awal mereka mendirikan Kopi Tuli.

“Kopi Tuli adalah sebuah jawaban atas kekecewaan kami (bertiga), karena sulit mencari pekerjaan. Jadi kami ingin membuktikan bahwa kaum disabilitas itu tidak seperti orang normal pikirankan,” katanya di FX Sudirman, Sabtu 14 Desember 2019.

Kami bertiga yaitu Saya (Putri), Erwin dan Andhik yang juga penderita tunarungu. Putri mengklaim, persahabatan kami itu sejak kecil, terpisah dan kemudian bertemu kembali saat lulus kuliah.

“Kami, benar-benar sulit mencari pekerjaan, Mungkin dibalik ini semua, Allah punya rencana lain serta mempertemukan kami bertiga lagi,” kata Putri.

Kedai pertama itu didirikan di daerah Depok, Jawa Barat, pada 12 Mei 2018. Lalu pada 14 Oktober 2018, Putri dan temannya sukses membuat kedai keduanya di daerah Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kami bertiga tidak sendirian, karena bersama teman-teman kaum disabilitas lainnya kedai kopi ini tercipta.

“Total karyawan di kedai kopi itu ada delapan, dikafe berjumlah empat orang. Jadi satu kafe diisi empat orang, karena baru ada dua kafe, itu semua karyawan kami tuli,” katanya.

Putri mengaku bahwa selama pengunjung ke kedai, belum ada yang kesulitan untuk berkomunikasi. Karena cara untuk berkomunikasi ada beberapa cara untuk para pengunjung yang datang ke kedai kopi.

“Pertama bisa lewat tulisan atau handphone, bisa juga melalui isyarat. Menu-menunya juga kita buat isyarat seperti, A, B, C, D. Jadi untuk berkomunikasi tidak ada kesulitan,” tutur Putri.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *