Jatuh Bangun, Hingga Akhirnya Mantan Narapidana Ini Sukses…

Share this Article

Selama hidup Yusuf Adirima atau dikenal Machumudi Haryono memiliki kisah yang kelam, lantaran demi meraih kesuksesan.

Pria berusia 44 tahun sempat terperangkap di jalur hukum, sebab dia pernah terlibat kasus dalam aksi teror bom yang dilakukan oleh kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Akibat keterlibatannya, dia harus pasrah merikung di tahanan usai di ringkus oleh tim Densus 88 Polri.

Namun, kisah lamanya menjadi kesuksesan karena Yusuf sudah meninggalkan dunia tersebut dan memulai dunia yang baru.

Tapi, dalam bermasyarakat kembali dia mengaku sangat kesusahan dalam menyakinkan semua orang, melihat dia adalah seorang mantan teroris.

Yusuf mengakui bahwa stigma yang ada pada dirinya sangat melekat, akibat dari itu dia sangat kesusahan dalam mencari pekerjaan. Namun, semua itu hanyalah pandangan semata karena sekarang dia sukses sebagai pengusaha kuliner.

Setelah keluar dari tahanan dan menghirup udara bebas menjadi masyarakat normal, tidak mudah membuatnya beradaptasi dengan lingkungan.

Stigma sebagai kasus mantan napi yang melekat, membuat dirinya sudah segala-galanya apalagi untuk mencari kerja, dia harus berjuang melawan itu semua.

“Jika dipikir secara normatif, itu adalah masa sulit untuk saya mencari pekerjaan, bahkan untuk semua mantan napi. Kemudian saya berfikir untuk menjadi pegawai wiraswasta, tentu saya harus mengikuti semua peraturan seperi cuci piring, melayani, order, kasir, saat ikut rumah makan orang, itu merupakan tahapan yang dilalui selama 2 tahun setelah bebas,” kata Yusuf.

Setelah menjalani hidup, jadi orang biasa hingga sebagai mantan teroris akhirnya Yusuf telah menjadi pengusaha kuliner sukses, setelah mengubur dalam masa kelamnya itu.

Pria asal Jombang, Jawa Timur itu lantas berpartisipasi dalam berperan aktif untuk upaya deradikalisasi, tujuannya membantu mereka yang pernah terlibat terorisme.

Atas kegiatan yang dilakukan Yusuf itu merupakan hal-hal untuk menepis upaya radikalisme, bahkan itu semua dia lakukan tidak sendiri.

Pembentukan komunitas telah dibangun dengan rekan-rekannya yang berbasis di Jawa Tengah, tidak lupa Yusuf kerap kali tampil untuk mengisi acara dengan sharing bersama dan memberikan motivasi atau sekedar berbincang-bincang.

Kisah kelam yang dialami Yusuf telah menjadi sebuah pelajaran hidup untuk dirinya bahkan untuk semua orang.

Kisahnya itu menjadikan sebuah motivasi agar orang tidak berlarut-larut dalam ketidakpastian, sehingga bisa bangkit dan menjadi pengusaha yang sukses.

Bagaimana guys, apakah kisah ini bisa menjadi contoh para mantan narapidana, tanpa terkecuali untuk orang-orang diluar sana? Tulis komentarmu.

Sumber: berbagai sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *