Kenapa Ketika Laper Cepat Emosi? Nah Ini Jawabanya

Share this Article

Ada ungkapan bangsa yang pemarah adalah bangsa yang rakyatnya lapar. Eits… Tapi itu kenyataan loh, bahkan terbukti secara alami kalau orang yang sedang lapar itu cepat naik darah.

Berawal dari lapar lalu memunculkan suara ‘keroncongan’ di dalam perut, disertai lemas hingga kelelahan. Bahkan efek dari lapar itu bisa menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, bingung dan pusing. Di sisi lain, lapar itu terbukti kalau mengeluarkan sifat yang bertemperamen buruk, rewel dan mudah marah.

Nah kenapa bisa begitu?

Kemarahan adalah keadaan emosional yang ditimbulkan oleh keluhan atau suatu penderitaan. Seseorang bisa marah karena orang lain, bisa diawali dengan kejadian atau dikarenakan diri sendiri.

Mengutip dari Livestrong, rasa yang lapar itu akan memicu amarah. Apalagi jika seseorang dibiarkan lapar dengan waktu yang lama, akibatnya kadar gula darah akan terganggu.

Sehingga pasokan glukosa (gula) yang mencapai otak tidak berjalan lancar atau berkurang. Dalam darah itu glukosa dikirim ke otak untuk menjadikan sumber energi sebagai mengontrol temperamen dan negatif lainnya.

Ternyata yang membuat naik amarah seseorang adalah rendahnya kadar gula darah, sehingga mudah menjadikan seseorang tersinggung. Selain itu gula darah rendah juga bisa membuat seseorang menjadi cemas, kelelahan dan sakit kepala.

Nah, kalau tingkat serotonin rendah itu akan memungkinkan orang cepat tersinggung dan marah. Serotonin adalah hormon untuk mengontrol suasana hati, serta nafsu dan tidur, bisa membuat hormon menjadi bahagia dan menghilangkan negatif.

Namun jangan khawatir, para ahli gizi di seluruh dunia telah merekomendasikan untuk mengatasi amarah dengan makanan yang mengandung glukosa hingga meningkatkan suasana hati dalam mencegah rasa lapar. Bahkan makanan ini bisa dibuat untuk diet yang kaya akan protein, lemak dan serat, yuk simak;

Pisang

Pisang merupakan sumber triptofan yang sangat baik dan membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Sarapan pisang dapat mencegah Anda mengalami rasa lapar dan kelesuan sebelum makan siang. Selain itu, pisang juga kaya karbohidrat yang diperlukan untuk penyerapan triptofan.

Kacang almond

Almond banyak mengandung asam amino triptofan. Kacang ini hadir dalam daftar makanan yang memiliki tingkat tertinggi asam amino. Ketika makan almond, triptofan masuk ke otak dengan cepat dan tingkat serotonin meningkat, sehingga bisa menjauhkan amarah.

Keju

Keju adalah sumber yang kaya protein, asam amino esensial triptofan dan karbohidrat. Dengan demikian, keju membantu meningkatkan mood dan menghilangkan sifat mudah tersinggung dan mudah marah.

Nah itulah beberapa makanan untuk mencegah amarah, atau menghilangkan rasa lapar. Semoga bermanfaat!

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *