Kenali Gejala Haphephobia, Jangan-Jangan Kamu salah Satunya

Share this Article

Manusia sejatinya diciptakan Tuhan dengan kondisi berbeda, baik sikap maupun fisik serta kondisi mental dan psikisnya.

Namun jika kita membicarakan tentang psikologi seseorang, pasti adanya yang disebut fobia atau rasa takut berlebihan pada suatu hal. Fobia itu bisa terjadi pada sekitar kita, seperti takut pada ketinggian, gelap dan binatang.

Ternyata di dunia ini sebenarnya banyak jenis fobia, namun tidak sering kita jumpai. Pengidap fobia bisa dikatakan langka, karena cuma segelintir orang yang mengalaminya.

Salah satu jenis fobia jarang ditemukan, orang dengan haphephobia memiliki ketakutan, kecemasan, dan kekhawatiran berlebih ketika menyentuh atau disentuh orang lain.

Tak jarang mereka mengeluarkan kepanikan bahkan keringat dingin yang luar biasa saat bersentuhan dengan orang lain. Hal ini bisa terjadi, karena mereka menutup privasinya untuk orang lain.

Penderita haphephobia itu biasanya kesulitan berinteraksi, maka dari itu mereka terbiasa menyendiri dan sulit bersosialisasi.

Mereka juga kerap merasa kesepian dan stres, pengidap haphephobia merupakan trauma atas kejadian buruk di masa lampau, seperti pelecahan, penculikan, atau di bully.

Seringkali pengidap haphephobia kecanduan alkohol, karena menurutnya itu adalah jalan satu-satunya untuk menghapi kegelisaan saat berinteraksi dengan orang lain.

Pengaruh dari alkohol membuat pengidap haphephobia merasa lepas dan tenang, namun dibalik itu membuatnya tidak terlepas dari kecanduan alkohol.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *