Kebakaran Hutan, Alami atau disengaja?

Share this Article

Kebakaran hutan baru-baru ini terjadi di salah satu paru-paru dunia di Amazon, Brazil. Karena hutan merupakan sumber oksigen yang kita hirup, mari kita bahas tentang kebakaran hutan agar kita bisa lebih menjaga alam kita.

Bagaimana sebenarnya kebakaran hutan dapat terjadi?

Kebakaran hutan dapat terjadi secara alami atau disebabkan oleh ulah manusia. Kebakaran yang alami umumnya dimulai dengan petir.

Di sisi lain, kebakaran yang disebabkan oleh manusia dapat disebabkan oleh sejumlah alasan. Beberapanya termasuk merokok, rekreasi, ataupun kebakaran yang disengaja.

Kebakaran hutan yang terjadi lebih banyak disebabkan oleh manusia, tetapi kebakaran hutan yang terjadi secara alami membakar area lebih luas.

Ini karena kebakaran yang disebabkan oleh manusia biasanya dideteksi sejak awal. Oleh karena itu, biasanya dapat dikendalikan dengan mudah.

Sebaliknya, kebakaran alami dapat terbakar selama berjam-jam sebelum terdeteksi oleh petugas pemadam kebakaran atau polisi hutan.

Bagaimana Kebakaran Hutan dapat Terjadi

Ada tiga elemen yang diperlukan untuk membakar hutan: Panas, Oksigen, dan Bahan Bakar, ini disebut “segitiga api“. Tanpa ketiga elemen ini, api akan padam.

Selain itu, api akan menyebar ke arah pasokan yang paling melimpah dari tiga elemen ini, sedangkan laju pembakarannya biasanya dibatasi oleh salah satu dari tiga elemen tersebut juga.

Melawan Kebakaran Hutan

Mungkin aspek yang paling tidak diperhatikan dalam mengatasi kebakaran hutan adalah komunikasi. Sangat penting bahwa pihak berwenang diberitahu secepat mungkin ketika terjadi kebakaran.

Jelas bahwa api yang terdeteksi pada tahap awal akan jauh lebih mudah dipadamkan daripada api yang telah terbakar selama beberapa waktu tetapi baru saja ditemukan karena kurangnya komunikasi.

Setelah kebakaran terdeteksi, petugas pemadam kebakaran harus bergerak menuju lokasi kemudian melakukan pemadaman.

Transportasi dan Pemadaman

Salah satu kesulitan dalam menanggulangi kebakaran hutan adalah mengirim petugas pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran.

Jelas bahwa kebakaran hutan sering terjadi di medan yang berbahaya, sehingga petugas pemadam kebakaran sering harus diangkut melalui udara dan kemudian berjalan dengan peralatan mereka di darat.

Setelah kru menuju api, metode pemadaman api yang mereka gunakan tergantung pada jenis api.

  • Ground fire biasanya paling baik dikendalikan dengan menggali parit di lapisan tanah.
  • Ransel air portabel dan firebreaker (pemecah api) seringkali merupakan metode yang paling efektif untuk mengendalikan surface fire .
  • Terakhir, jika api sudah menjadi crown fire, bantuan dari udara diperlukan untuk memperkecil api dengan bahan kimia anti-api atau air. Namun, kebakaran ini seringkali sangat berbahaya dan kehidupan manusia selalu menjadi prioritas utama dalam pemadaman kebakaran; terkadang api ini dibiarkan menyala sampai kehabisan bahan bakarnya (misal: daun kering, ranting).

Wah, ternyata susah juga ya memadamkan kebakaran hutan. Gimana menurut kamu?

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *