Benarkah Rokok Bikin Mandul? Ini Penjelasnya

Share this Article

Setiap pernikahan pasti mengharapkan sang buah hati, baik cepat atau lambat. Namun, terkadang ada saja alasan yang menghambat seperti dari kesuburan atau risiko mandul.

Mengutip uclahealth.org, terkait hal infertilitas (kesuburan atau kemandulan) merupakan ketidakmampuan hamil atau melahirkan secara berturut-turut setelah melakukan hubungan intim.

Kondisi seperti itu bisa terjadi, itu bisa akibat dari pihak laki-laki dan perempuan. Kemandulan dari pihak laki karena sp*ma, sedangkan perempuan itu dari ovulasi yang terhambat di saluran indung telur.

Banyak masyarakat berpendapat jika suatu kemandulan disebabkan akibat merokok. Apakah mitos tersebut benar, yuk simak dan kami uraikan terkait hal efek rokok pada kesuburan laki-laki dan perempuan.

Hasil riset membuktikan bahwa laki-laki yang merokok mengakibatkan kesuburan atau fertilitas. Hal itu kemungkinan bisa memperlambat saluran sp*ma serta bisa kualitas memburuk.

Semua bisa diakibatkan oleh rokok yang mengandung racun (nikotin dan kadmium) sehingga tercampur oleh hormon, racun ini dapat ke tubuh dengan dihirup, lalu masuk ke darah hingga ke testi. Itulah sebabnya kemampuan sp*ma menjadi rendah dalam membuahi sel telur.

Sementara untuk perempuan, rokok itu bisa menurunkan peluang hamil. Jadi kemungkinan bila hamil akan mengalami seperti, gangguan kehamilan, komplikasi, dan prematur. Bahkan bayi bisa memiliki berat badan yang tidak normal.

Dari rangkuman di atas, belum dipastikan kemandulan diakibatkan oleh rokok. Bisa jadi karena hal lain seperti, lingkungan terkena paparan zat-zat beracun atau melakukan keseharian yang tidak sehat misalnya, mengkonsumsi alkohol, kafein, hingga obat-obatan terlarang.

Namun untuk kamu bukan berarti boleh merokok ya, tak menutup kemungkinan merokok itu mengakibatkan kemandulan bahkan bisa mendapat gangguan lain yaitu sesak pernapasan, serangan jantung.

Nah, mulai sekarang kamu harus perangi rokok, jangan sampai kamu diperbudak rokok karena efek untuk kesehatan tidak baik.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *