Insomnia, Penyakit yang Ga Boleh disepelekan

Share this Article

Siapa yang tidak tahu tentang insomnia? Atau mungkin beberapa diantara kamu mengalaminya?

Insomnia adalah gangguan tidur. Penderita mengalami kesulitan untuk tidur atau tetap tertidur. Pengidapnya akan mengalami kelelahan dan kesulitan dalam berkonsentrasi.

Ada dua tipe insomnia yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder.

Insomnia primer adalah insomnia yang tidak terkait dengan kondisi medis lain. Sedangkan insomnia sekunder adalah insomnia yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain. Insomnia sekunder juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan atau alkohol

Kenali Gejalanya

Mengantuk pada siang hari

Sebenarnya ini tergantung tipe kamu, morning lark atau night owl. Otak si morning lark lebih aktif pada siang hari dan menurun pada malam hari. Berbeda dengan si night owl, otaknya lebih aktif pada malam hari daripada siang hari.

Jadi, kalau kamu morning lark dan suka merasa ngantuk di siang bolong, mungkin kamu mengidap insomnia.

Mudah lelah saat beraktivitas

Masih berhubungan dengan tipe yang di atas, kalau kamu morning lark dan mudah merasa lelah pada siang hari, bisa jadi kamu insomnia.

Sulit fokus dalam beraktivitas

Tanpa tidur yang cukup tubuh akan kekurangan waktu untuk beristirahat. Ketika hal ini terjadi, dapat dipastikan kamu akan kesulitan dalam berkonsentrasi

Penyebabnya ada banyak. Bisa jadi kamu mengalami stres atau depresi (kamu bisa mengalaminya tanpa menyadarinya!) atau gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum minuman keras. Yang jelas, tubuh memerlukan 6,5 jam agar menjadi segar kembali.

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum kamu mengidap penyakit ini alangkah baiknya kamu melakukan langkah pencegahan.

Insomnia bisa dicegah dengan cara:

  • Hindari banyak makan dan minum sebelum tidur.
  • Hindari atau batasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.
  • Usahakan aktif di siang hari agar terhindar dari tidur siang.

Buat kamu yang mengalami insomnia dan mencoba cara alami untuk menyembuhkannya, kamu harus menemui dokter untuk mengobatinya. Dokter dapat membantumu dengan obat-obatan, misalnya saja obat tidur atau obat penenang.

Tetapi alangkah baiknya kamu mencoba cara alami terlebih dahulu karena obat-obatan pasti memiliki efek samping yang dapat mengganggu aktivitas kamu.

sumber: berbagai sumber

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *