Gila! Patung Gajah Mungkur di Gresik Seharga 1 Miliar

Share this Article

Apakah kamu masih ingat patung macan yang sebelumnya viral di Cisewu Garut? Bentuk yang lucu hingga dibuat meme lucu oleh para publik, layaknya guyonan.

Meski terlihat lucu, justru patung macan ini dibongkar untuk digantikan dengan macan yang terlihat lebih garang.

Peristiwa tersebut serupa dengan patung yang berada di Gresik, sempat menarik perhatian nitizen karena bentuknya yang lucu layaknya patung macan Cisewu.

Patung Gajah Mungkur jadi viral, karena bentuknya yang tidak menyerupai gajah. Meski begitu, harga patung tersebut sangat fantastis harganya yakni Rp 1 miliar.

Mengapa patung Gajah Mungkur di perlimaan Sukorame Gresik ini jadi kontroversi di media sosial?

Awalnya melihat patung Gajah Mungkur tersebut terlihat lucu karena bentuk yang sangat unik serta tidak seperti layaknya gajah. Bentuknya setengah gajah dengan kaki yang menyatu sehingga menghasilkan lubang di tengahnya. Kemudian ditambah belalang, tanpa telinga, mulut, mata, dan ekornya.

Setelah viral, baru publik mengetahui berapa biaya anggaran untuk sejenis patung gajah tersebut. Dinilai tidak masuk akal karena harga patung Rp 1 miliar, yang berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Petrokimia Gresik, dua hal menjadi berdebatan nitizen yakni harga dan bentuknya tidak sesuai.

Pemerintah menjelaskan bahwa patung tersebut dibuat seperti itu, sebab dari ajaran Islam tidak boleh membuat patung makhluk bernyawa

Patung itu memang sengaja dibuat seperti itu, bukan kesalahan desain tapi memang sesuai pesanan. Asisten Perekonomian dan Pembangungan Setda Gresik Ida Lailatus Sa’diayah mengklaim jika patung tersebut sengaja dibuat seperti itu.

Patung sebenarnya belum sepenuhnya selesai pengerjaannya, menurut Ida, usai pihaknya meninjau ke lokasi, ada sesuatu kesalahan pada warna cat.

Sehingga pihaknya berkoordinasi dengan BUMN untuk menghibahkan dana untuk pembangunan itu agar merubah menjadi warna merah marun.

Bagaimana pendapatmu guys? Kalau nggak boleh bikin patung hewan yang bernyawa, kenapa harus dibuat ya?

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *