Facebook Memberi Banyak Cara Para Konten Kreator Untuk Hasilkan Uang

Saat gelaran acara VidCon yang berlangsung pada tanggal 10 dan 13 juli di Anaheim, California. Facebook memiliki berita bahwa mereka memperkenalkan lebih banyak cara bagi mereka untuk mendapatkan uang disitusnya, mulai dengan memberi mereka kemampuan untuk memilih penempatan yang lebih baik untuk iklan di video mereka.


Facebook mengatakan bahwa untuk mendukung video lebih baik tidak memiliki jeda yang alami untuk iklan, si kreator sekarang akan memiliki pilihan untuk memasukan format iklan non-interruptive, seperti pre-roll atau iklan yang berbasis gambar. Ini bisa berguna pada veideo yang sangat pendek , misalnya.

Selain itu, kreator di Facebook sekarang akan memiliki kemampuan untuk menawarkan akses ke Grup pendukungnya denga biaya bulanan. Sebagai gantinya, penggemar dapat berinteraksi dengan si kreator di ruang yang lebih pribadi, dimana mereka dapat membentuk komunitas yang lebih dalam dan memiliki ikatan yang kuat satu sama lain. Grup berbayar ini yang mulanya di uji oleh Facebook pada bulan juni dan melengkapi fitur lainnya “Fan Subscriptions”. Sang kreator dapat menggunakan fitur tersebut untuk menawarkan merchandise mereka ke kepada orang-orang yang bersedia membayar beberapa dollar per bulan untuk konten mereka., termasuk kode diskon untuk produk yang dijual dan saluran eksklusif di Facebook Live.

Facebook

Facebook sedang menguji lebih banyak cara untuk membiarkan para kreator untuk menghasilkan uang secara langsung dari penggemarnya. Facebook Stars (seperti gambar diatas) pada awalnya dirancang untuk komunitas game di Live, tetapi perusahaan sekarang akan mengizinkan sekelompok kecil pembuat video untuk menerima dukungan satu kali dari orang-orang. Untuk memberikan kamu konteks, penggemar dapat membeli paket sedikitnya 100 bintang seharga 1,40 dollar dan si kreator akan mendapatkan satu sen per bintangnya.

Terakhir, Facebook akan memberi si kreator tools baru untuk melacak dan mengelola keterlibatan audiens mereka dengan lebih baik. Mereka dapat membagikan demografi penggemar mereka dengan merek-merek untuk penargetan iklan yang lebih baik dan memastikan bahwa kerja sama mereka menjangkau audiens yang tepat, semua melalui fitur “Brands Collab Manager” yang terungkap di VidCon tahun lalu. Dan dengan adanya pembaruan pada Creator Studio, yang memungkinkan si kreator memantau, mengubah, dan memonetize postingan mereka, mereka sekarang dapat mendapatkan pqndangan pertama darimana uang mereka berasal, baik itu dari Facebook dan berkat integrasi barunya dengan IGTV.

Jika perubahan ini mirip dengan upaya Youtube dengan Channel Memberships, Sponsorships dan lainnya, itu karena mereka berada pada gelombang yang sama. Lagipula, bukan rahasia lagi bahwa Facebook sangat ingin memikat paa kreator dari situs video milik Google tersbut. Dan ini hanyalah langkah lain dari Mark Zuckerberg dan perusahaannya untuk mencoba melakukan hal itu.

Sumber: Engadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *