Diet One Meal A Day (OMAD), Amankah?

Share this Article

Diet adalah metode untuk menurunkan berat badan dengan mengatur makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Banyak orang melakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Akhir-akhir ini banyak orang melakukan One Meal A Day (OMAD), diet dengan cara makan hanya 1 kali sehari, biasanya pada malam hari.

Meskipun ampuh untuk menurunkan berat badan, diet dengan cara ini memiliki banyak risiko dibandingkan manfaatnya. Ini beberapa risiko yang akan datang menghampirimu :

1. Obesitas Jangka Panjang

Harapan melakukan diet OMAD adalah penurunan berat badan yang cepat. Tak sedikit yang beranggapan bahwa diet dengan cara ini ampuh. Padahal, setelah meninggalkan program ini berat badan kamu akan kembali normal.

2. Tekanan pada Pencernaan

Lambung membutuhkan 8 jam untuk mengosongkan makanan di dalamnya (dicerna sampai kosong). Itu alasan kenapa kita punya naluri untuk makan tiga kali sehari, kegiatan yang sudah dilakukan turun-temurun dari nenek moyang.

Kalau kamu melakukan diet OMAD, kamu akan merasa mulas. Hal ini karena organ pencernaan dipaksa untuk beradaptasi dengan cepat dalam mencerna porsi makananĀ (kan biasanya 3 kali sehari).

Ini juga akan berpengaruh kepada jantung yang harus bekerja semakin keras untuk memompa darah.

3. Kelelahan

Nah, yang ini kamu pasti langsung setuju!

Makanan yang masuk ke tubuh akan diubah menjadi energi yang kamu pakai untuk melakukan berbagai kegiatan. Dengan makan satu kali sehari artinya kamu harus mengurangi jumlah energi yang kamu keluarkan sebanyak 2/3 dari biasanya.

Kalau kamu tetap melakukan kegiatan seperti biasanya maka kamu akan merasa cepat lelah.

Cara melakukan diet yang sehat sebenarnya dapat dilakukan dengan konsultasi ke dokter, sebab dokter memiliki ilmu di bidang ini dan lagi, kemampuan tubuh orang berbeda-beda untuk beradaptasi dengan tiap metode diet.

Nah gimana nih? Masih mau melakukan diet OMAD?

sumber: berbagai sumber

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *