Ternyata Mendengkur Ketika Tidur, Bahaya Kesehatan!

Share this Article

Ada kebiasaan yang tidak boleh diremehkan oleh orang, yaitu mendengkur. Gangguan tidur ini biasanya diremehkan oleh banyak orang, loh! Istilah dalam kedokteran sih bisa dibilang sleep apnoea bisa terjadi akibat penyempitan saluran pernafasan.

Bahkan tanpa disadari gangguan ini dapat mengakibatkan kematian. Jadi jangan dianggap remeh! Menurut pakar gangguan tidur dari Rumah Sakit St George Sidney Australia, Dr. Peter Cistulli menjelaskan bahwa mendengkur atau penyempitan pernafasan menyebabkan suplai oksigen ke seluruh tubuh terhambat.

Jadi hal tersebut bisa membuat pernafasan terhenti (obstructive sleep apnoea). Bahkan kebiasaan ini bisa menjadi kondisi yang berbahaya, kebiasaan itu sering berulang kali dengan durasi 10-60 detik.

“Dalam waktu semalam orang yang mendengkur itu pernafasannya terhenti sebanyak 300 kali,” ujar Cistulli.

Minimnya suplai oksigen menyebabkan organ tubuh seperti jantung dan otak akan bekerja keras menjalankan fungsinya. Nah alasan inilah yang menjadi mengakibatkan berbagai penyakit, hipertensi, stroke, dan jantung, bahkan kadar oksigen yang fluktuatif bisa-bisa merusak lapisan sel pembuluh darah.

Kebiasaan mendengkur ini harusnya diwaspadai karena tanpa kamu sadar mendengkur dengan suara keras dan tiba-tiba terhenti apalagi disusul hentakan nafas. Nah, dari situlah kondisi ini memacu kepada organ tubuh, terutama jantung yang memasok oksigen.

“Saat terbangun, pasti orang yang sering mendengkur biasanya akan merasa sakit kepala atau linglung setelah bangun tidur,” ungkapnya.

Eits tapi tenang guys, jangan khawatir kamu bisa menghentikan mendengkur ini dengan cara dibawah ini:

Tidur miring

Dengan posisi ini membuat aliran udara lebih lancar, loh! Sementara jika kamu tidur telentang atau tengkurap bisa membuat organ pernafasan tertekan sehingga memicu dengkuran.

Kurangi berat badan

Berat badan yang berlebihan itu salah satu faktor penyebab kebiasaan mendengkur, lipatan lemak di leher itu bisa membuat aliran udara terhambat.

Kurangi minum alkohol

Minuman keras ini bisa menyebabkan saraf bagian rahang dan tenggorokan memicu suara dengkuran.

Berhenti merokok

Siapa sih yang enggak tahu rokok, apalagi rokok itu terdapat racun. Nah, dari situlah sistem pernafasan terganggu hingga memicu dengkuran dan bikin tidur mendengkur.

Semoga dari ulasan di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *