Awal Sejarah Hari Minggu Jatuh Pada Hari Minggu?

Share this Article

Terkadang kita bertanya-tanya, mengapa hari libur itu jatuh pada hari Minggu? Kenapa nggak hari Senin atau hari lain, ternyata dibalik itu semua ada sejarahnya loh! Seperti Indonesia hari libur itu jatuh pada hari Minggu.

Tapi setiap negara memiliki hari libur sendiri loh, ternyata penentuan hari libur ada sejarah menqrik, yuk simak. Contohnya di salah satu negara Timur Tengah, Arab Saudi memilih hari libur pada Jumat.

Nah, ada beberapa alasan seperti mengapa tidak hari Jumat? Karena hari Jumat itu dianggap sebagai hari baik untuk umat Islam beribadah. Jadi dengan libur tersebut, aktivitas di hari Jumat apalagi mayoritas muslim di negara tersebut banyak, jadi lebih memiliki waktu panjang untuk melakukan sholat Jumat dan ibadah lainnya.

Meski begitu, berbanding terbalik dengan bangsa Yahudi di Israel yang menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur karena hari tersebut adalah hari di mana mereka ibadah.

Lalu, kenapa di Indonesia hari Minggu dijadikan hari libur? Nah, memang hari libur jatuh pada hari Minggu berlaku di Indonesia, begitu juga di belahan dunia hari Minggu dijadikan hari libur. Mulanya, sejarah itu muncul di masa Romawi.

Melansir dari laman Dream, sebelumnya bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya. Nah sejak masa itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari Minggu.

Selain itu, bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan menandai hari Minggu adalah hari penting dengan mewarnai hari berwarna merah. Kemudian kebiasaan ini menyebar ke berbagai kekuasaan Romawi, salah satunya negara Belanda.

Apa hubungannya dengan Belanda? Iya, dahulu Indonesia dijajah dengan waktu yang lama, sehingga kebiasaan Belanda melekat di Indonesia, hingga akhirnya penetapan hari libur jatuh pada hati Minggu untuk para pekerja Indonesia. Sampai saat ini tradisi itu pun terus dipertahankan serta berlaku hingga kini.

Bagaimana, sudah paham, kan? Kenapa hari libur jatuh pada hari Minggu.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *