Asal Mula Terciptanya Simbol Pria dan Wanita

Share this Article

Pernah nggak sih kalian berfikir kenapa lambang atau logo wanita dan laki-laki itu berbeda? Mungkin sebagian orang sudah tahu kalau logo itu menandakan jenis kelamin seseorang.

Mengapa logo dibuat seperti itu dan ternyata ada makna yang terkandung di simbol itu, nah inilah sejarahnya?

Logo atau simbol menandangkan jenis kelamin itu sudah ada sejak lama, hal ini terbilang menakjubkan dalam ilmu pengetahuan. Sejak 1753 simbol atau logo ini sudah ada dan digunakan oleh Pengarang buku Species Plantarum.

Tapi sebelum digunakan oleh pengarang buku Species Plantarum, simbol-simbol yang membedakan wanita dan laki-laki ini ditemukan pada peninggalan kuno pada jaman prasejarah.

Sejak dulu sudah ada tulisan dari bangsa-bangsa prasejarah untuk menggambarkan sesuatu dalam berkomunikasi. Kemudian para ahli, berinisiatif untuk mengungkapkan hubungan simbol itu mengapa digunakan sebagai penanda laki dan perempuan.

Namun sejak dahulu sebagian orang ada yang berpendapat bahwa tanda lingkaran tersebut itu menandakan jika itu laki-laki yang dikenal sebagai pemburu yang dilengkapi oleh tombak.

Sedangkan simbol yang bertanda silang dibawahnya itu merupakan gambar yang menandakan seorang perempuan, karena wanita cenderung suka bercermin (lambang tersebut dianalogikan sebagai cermin yang bergagang).

Seiring berjalannya waktu, bahwa ada yang menyebut jika simbol-simbol ini telah banyak mengalami perubahan sudah lama, sejak diturunkannya bentuk fisik manusia pria dan wanita.

Bukan itu saja, simbol ini ternyata juga digunakan sebagai simbol planet di tata surya loh, seperti Mars dan Venus dan hingga akhirnya Mars itu digambarkan seseorang laki-laki sedangkan Venus merupakan seseorang perempuan.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *