Apakah Suplemen Minyak Menyehatkan Jantung, Ini Jawabannya!

Share this Article

Suplemen minyak ikan berkhasiat mengurangi risiko serangan jantung, American Heart Association mengklaim bahwa orang yang memiliki penyakit jantung koroner dianjurkan mengonsumsi asam lemak omega-3.

Namun baru-baru ini, studi menunjukkan adanya dampak potensial dari konsumsi minyak ikan. Penelitian sebelumnya, menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan yang membantu mengurangi risiko stroke, serangan jantung, bahkan kematian.

Tetapi dari penelitian tersebut, justru berbalik, penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology, menunjukkan suplemen minyak ikan memiliki efek sedikit dalam pencegahan penyakit jantung. Temuan itu didukung oleh percobaan yang dilakukan secara terpisah, Alyson Kelley-Hedgepeth, ahli jantung dan co-director Women Programs di Lown Cardiovascular Group di Massachussets yang melakukan percobaan ASCEND.

Dalam percobaan itu, ia menulis suplemen minyak ikan ternyata tidak mengurangi risiko serangan jantung bahkan stroke. Justru percobaan ini, membuktikan bagaimana minyak ikan hanya untuk melindungi penderita diabetes.

Selain itu, percobaan lain dilakukan yang dinamakan VITAL, menjelaskan bahwa minyak ikan bukan suplemen untuk mencegah atau mengurangi penyakit kardiovaskular terhadap orang yang memiliki risiko penyakit jantung.

Dari dua penelitian, justru ada manfaat lain dari suplemen minyak ikan tersebut. Kemudian uji coba REDUCE-IT malah menemukan suplemen dosis tinggi dapat secara signifikan untuk mengurangi kardiovaskular pada orang yang memiliki penyakit jantung.

Studi lainnya yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology menemukan bahwa suplemen omega-3 bisa mengurangi risiko serangan jantung bahkan kematian, yang telah tejadi oleh respodennya (127.477 peserta). Namun, suplemen tersebut tidak bisa membuktikan untuk mengurangi tingkat stroke.

Menurut Kelley-Hedgepeth, suplemen omega-3 dari minyak ikan, berdampak untuk menyehatkan jantung serta memiliki efek perlindungan pada penyakit jantung koroner (PJK).

“Namun sebelum mengonsumsinya, dianjurkan harus mengikuti diet sehat jantung,” jelasnya.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *