Apakah Hewan Bumi Sanggup Bertahan Hidup Di Bulan?

Share this Article

Tardigrade merupakan spesies hewan yang kuat beradaptasi, saat mereka mendarat di bulan bersama astronot yang membawanya bahkan mereka kemungkinan selamat.

Lukasz Kacmarek adalah pakar Tardigrade dan astrobiologis Adam Mickiewicz University, Poznan, menjelaskan benar adanya Tardigrade yang berhasil bertahan hidup disana.

“Tardigrade dapat bertahan dari tekanan yang sama dengan yang terjadi ketika asteroid menghantam Bumi, jadi tabrakan kecil seperti ini bukan masalah bagi mereka,” ujarnya, dikutip dari Guardian.

Namun untuk beruang air, apakah mereka selamat dan bertahan hidup?

Sebagian ilmuwan percaya bahwa mereka sanggup bertahan hidup, meski mustahil bagi mereka untuk berkolonisasi karena tidak ada atmosfer serta air mengalir.

Setelah kejadian pada tahun 2007, Badan Antariksa Eropa meluncurkan satelit yang membawa Tardigrade dengan secara selektif mengekspos mereka ke ruang hampa udara dan radiasi kosmik.

Sepuluh hari kemudian, Tardigrade dikembalikan ke Bumi dan direhidrasi. Hebatnya, segelintir dari mereka selamat dari radiasi, menjadikan mereka hewan pertama dalam catatan yang selamat dari luar angkasa.

Dari selamatnya Tardigrade membuat para peneliti memahami ketahanan hidup mereka. Hal tersebut juga membantu menyelidiki hipotesis bahwa kehidupan yang sebenarnya bukan dimulai dari Bumi. Hal sebaliknya, mungkin bisa saja karena ada mikroba dari dunia lain.

Selama ini, para ilmuwan tidak bisa membuktikan bahwa bulan pernah menampung organism hidup lain. Tetapi, Mark Martin, seorang profesor biologi di University of Puget Sound di Tacoma, Washington mengungkapkan kemungkinan sebelum Tardigrade Beresheet jatuh di bulan, bentuk lain dari mikroba terestrial sudah ada disana, seperti bakteri usus di dalam kantong astronot yang ditinggalkan.

Setidaknya, ini bisa jadi salah satu alasan bernapas lega, Tardigrade tersebut tidak mungkin bermutasi sebagaimana layaknya kisah-kisah menyeramkan di film fiksi.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *