Apakah Benar, Mitos Setelah Makan Kangkung Bikin Ngantuk?

Share this Article

Siapa sih yang enggak kenal sayuran kangkung, yang gampang ditemui di Indonesia. Bahkan enggak sulit mengelolah makanan ini menjadi masakan yang lezat, loh!

Meski terbilang masakan lezat, rumornya banyak orang mengonsumsi kangkung ini bisa membuat ngantuk, benarkah?

Meski begitu, kepercayaan mengonsumsi kangkung dapat menimbulkan ngantuk apalagi di konsumsi pada siang hari. Penelitian dari Nutrifood Research Center menjelaskan bahwa belum terbukti adanya klinis yang membuktikan hal ini.

“Benar adanya kandungan mineral kalium dengan jumlah banyak di Kangkung, dengan sekitar 175mg dalam satu cangkir. Meski begitu, zat ini bisa mengurangi tekanan darah dan bahkan kamu menjadi lebih rileks setelah mengonsumsinya. Mungkin hal itulah menyebabkan ngantuk setelah mengonsumsinya,” jelas peneletian ini.

Namun bukan berarti mengantuk itu berasal dari kangkung sepenuhnya, rasa ngantuk ternyata juga bisa disebabkan dari nasi yang menyertai menu makanan.

“Nasi mampu menaikkan kadar gula, sehingga tak kaget jika nasi bisa membuatmu ngantuk setelah memakannya,” tutur penelitian ini.

Jadi mengenai ngantuk tidaknya kamu setelah mengonsumsi kangkung, kembali lagi kepada kondisi tubuh kamu. Sebab, ada juga orang setelah mengonsumsi kangkung langsung merasa ngantuk dan adapula sebaliknya, tidak ngantuk.

Yang perlu kamu ingat itu, kamu harus perhatikan porsi nasi yang dikonsumsi. Jadi bukan karena kangkung saja, kamu harus perhatikan juga berbagai hal lain yang bisa membuat ngantuk setelah mengonsumsi kangkung.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *