Apakah Benar, Kucing Setelah Diberikan Catnip Bisa Mabuk?

Share this Article

Tak sedikit pemilik hewan peliharaan yang ingin menjaili agar menghiburnya. Tapi, apakah Anda pernah? Pelihara kucing lalu memberikan sejumput catnip, uniknya setelah itu mungkin akan dramatis bergerak cepat, berguling hingga mendengkur.

Pasti respon yang ditampilkan kucing tersebut akan membuat Anda tertawa karena tingkah lakunya seperti orang yang sedang mabuk alkohol. Namun, apakah benar kucing Anda itu mabuk karena catnip?

Ya, Catnip adalah tanaman mint atau Lamiaceae yang mencakup herbal aromatik, seperti rosemary, oregano, dan basil. Mengapa bisa dikatakan seperti mabuk? Ya, karena di dalamcatnip itu ada beberapa macam senyawa yang memiliki peran besar pada efek yang dirasakan kucing yaitu nepetacaltone, senyawa yang diproduksi oleh kelenjar di daun atau bunga catnip.

Menurut penjelasan Jim Simon, profesor biologi tanaman dan wakil direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Inovasi Sensorik di Rutgers University di New Brunswick, New Jersey. Ternyata bau dari nepetacaltone itu berikatan terhadap kucing bahkan seringkali membuat perilaku kucing seakan dalam keadaan euforia.

Yang lebih mengejutkannya, tak cuma kucing saja loh! Kucing besar seperti singa, leopard hingga jaguar pun menampilkan respon aneh ketika diberikan catnip. Meski begitu, para ilmuwan belum bisa menjelaskan, apa yang terjadi setelah kucing menghirup bau catnip.

Simons mengatakan, mereka seakan-akan dalam keadaan euforia sehingga mengeluarkan tingkah lucu dan gelisah, bahkan mereka semangat lalu pergi tidur. Tetapi, catnip yang memberikan efek seperti itu pada kucing, ia tak ingin berspekulasi apa yang terjadi setelah kucing menghirupnya.

Maka dari itu beberapa penelitian dilakukan untuk mengungkapkan misteri ini, tapi sampai sekarang tak menemukan hasil konklusif. Dari hasil penelitian hanya menemukan saat kucing diberikan senyawa seperti naloxone yang bisa memblokir reseptor opioid, efek catnip akan menghilang.

Hal tersebut bahwa reseptor opioid bisa merespons catnip setelah diberikan kucing. Dr Bruce Kornreich mengatakan, kalau seseorang mengkonsumsi opioid dapat memblokir naloxone, jadi jika kucing menampilkan perilaku yang dapat diblokir dengan naloxone bisa jadi perilaku itu merupakan persepsi kucing sedang euforia?

“Mungkin hal itu bisa terjadi, tapi kami belum cukup tahu secara pastinya,” tutupnya.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *