Apakah Benar Bawang Bombay Mampu Sembuhkan Corona?

Share this Article

Penemuan virus Corona atau Covid-19 sangatlah membutuhkan waktu karena virus ini tergolong baru. Meski begitu, di Indonesia yang memiliki rempah-rempah berlimpah itu dipercaya dapat menangkal virus yaitu salah satunya dengan bawang bombay.

Namun apakah benar bawang bombay dapat mencegah dan sanggup memerangi corona?

Melansir dari Viva.co.id dalam tayangan di tvOne, Spesialis Farmakologi Klinik, dr. Wawaimuli Arozal, Sp.FK, mengklaim bahwa salah satu rempah-rempah seperti bawang bombay yang bisa mencegah virus corona, tapi pernyataan tersebut hanyalah mitos.

Dia menyatakan secara umum terkait tentang bawang bombay bisa mencegah virus corona, tapi yang benar adalah mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun, serta menjaga jarang dari orang yang sakit.

“Salah satunya adalah menjaga asupan nutrisi untuk menjaga keseimbangan dan olahraga yang teratur,” katanya.

Namun, menurut dokter Wawaimuli jika dirinya tak membantah jika bawang bombay bisa bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa khasiat kesehatan yaitu meningkatkan daya imunitas dan kekebalan tubuh seseorang karena kandungan antioksidan serta vitamin C di dalamnya.

“Yang artinya, bawang bombay ini bisa menangkal patogen yang masuk ke dalam tubuh kita,” ujarnya.

Ia juga mengatakan jika kuman atau virus yang berada ada di dalam tubuh misalnya paru-paru butuh asupan obat yang lebih kuat dalam penyembuhan. Dengan kata lain, antivirus yang spesifik itu untuk paru-paru kita.

“Karena itu reseptornya ada di situ, jadi bawang bombay itu bukan menyembuhankan atau membantu penyembuhan,” katanya.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *