Aneh! Penduduk Pulau Ini Berkomunikasi Dengan “Bersiul”

Share this Article

Keunikan dari warga Pulau La Gomera bikin heran, biasanya seseorang berkomunikasi menggunakan kata tapi kalau ini hanya bersiul.

Namun, dari bersiul itu memiliki banyak mana, karena warga di Pulau La Gomera melakukan komunikasi sehari-hari dengan bersiul.

Letak Pulau La Gomera yakni di wilayah Spanyol di Samudera Atlantik yang berdekatan dengan Maroko, Afrika Utara.

Mengutip dari laman Atlas Obscura, di pulau kecil pegunungan La Gomera, semua orang seperti anak-anak sampai dewasa berbicara satu sama lain itu dari jarak yang jauh. Maka dari itu mereka berinisiatif menggunakan salah satu bahasa isyarat yakni siulan.

Bahasa siulan sendiri terkenal di La Gomera dengan sebutan Silbo, yang memiliki kosakata lebih dari 4.000 kata, dan digunakan oleh “Silbadors” sebutan warga La Gomera, untuk saling berkomunikasi melintasi puncak dan lembah di pulau itu.

Bahasa Silbo merupakan bahasanya sendiri, namun cara berbicara disana sudah terbiasa dengan siulan. El Silbo mempunyai sejarah, pasalnya penduduk asli La Gomera merupakan imigran yang dikenal sebagai Mauritania, dan berbicaranya dengan menggunakan nada.

Meski bahasa Silbo pada tahun 1990-an di ambang kepunahan, warga La Gomera selalu berusaha menghidupkan kembali bahasa mereka. Setiap sekolah pun diberikan pelajaran dengan bahasa Silbo.

Akhirnya pada September 2009, UNESCO mengklaim status El Silbo sebagai warisan budaya, agar bahasa siulan tersebut terlindungi.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *