Kebahagiaan Bikin Hidupmu Lebih Panjang Umur? Ini Alasannya…

Share this Article

Peneliti Duke-NUS Medical School di Singapura menyatakan orang lanjut usia (lansia) yang bahagia lebih panjang umur dibanding lansia yang tidak bahagia, diterbitkan dalam Age and Aging, jurnal ilmiah British Geriatrics Society.

Melalui data 4.478 responden survey nasional, penelitian menghubungkan antara kebahagiaan dan kematian dalam rentang waktu 2009 hingga 31 Desember 2015. Responden merupakan individu yang berusia 60 tahun atau lebih dari yang tinggal di Singapura.

Melalui jawaban dari responden, apakah mereka merasakan kebahagiaan dalam sepekan terakhir. Mereka bahagia, menikmati hidup dan memiliki masa depan.

Jawaban mereka diolah menjadi dua penilaian berbeda, skor ‘kebahagiaan’ dan ‘variabel kebahagiaan’. Faktor gaya hidup, kesehatan itu juga dimasukan sebagai bahan analisis.

Penelitian itu menemukan peningkatan kebahagiaan berbanding lurus dengan penurunan angka kematian. Hasil penelitian menunjukkan, hingga 31 Desember 2015, sekitar 15 persen lansia yang merasa bahagia meninggal dunia.

Presentase ini lebih kecil dibanding 20 persen yang tidak merasa bahagia. Temuan lainnya, kemungkinan kematian karena sebab apapun 19 persen lebih rendah untuk lansia yang bahagia.

“Temuan ini menunjukkan peningkatan kecil dalam kebahagiaan mungkin bermanfaat untuk umur panjang lansia,” ujar Asisten Kepala Penelitian di Duke-NUS Pusat Penelitian dan Pendidikan Penuaan Profesor Rahul Malhotra.

“Karena itu aktivitas individu serta kebijakan dan program pemerintah yang mempertahankan atau meningkatkan kebahagiaan atau kesejahteraan psikologis dapat berkontribusi untuk kehidupan yang lebih lama bagi lansia.”

Sebelumnya, telah ada penelitian terkait kebahagiaan atau emosi positif yang dikaitkan dengan kesehatan lansia. Hasil penelitian telah menunjukkan efek kebahagiaan terhadap hidup lebih lama.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *