5 Manfaat Kulit Jeruk, Yang Anda Belum Ketahui

Share this Article

Share this Article

Sebagian orang belum mengetahui manfaat jeruk secara mendalam. Umumnya, orang hanya tahu jika buah jeruk baik untuk menjaga kesehatan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti diungkap dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Itu sebabnya, orang-orang yang rutin konsumsi jeruk akan menjadi lebih jarang sakit. Tapi, kembali ke kulit jeruk, sebenarnya ada banyak manfaat yang juga bisa Anda dapatkan kalau tak membuangnya.

Nutrisi dalam kulit jeruk 

Meski termasuk buah populer, tak banyak yang tahu kalau kulit jeruk juga kaya akan beberapa nutrisi –seperti serat, vitamin C, dan senyawa tanaman seperti polifenol.

Dikutip dari Healthline, 1 sendok makan (6 gram) kulit jeruk bahkan mengandung vitamin C yang tiga kali lebih banyak dibandingkan buah. Dalam porsi yang sama, kulit jeruk mengemas serat sekitar 4 kali lebih banyak dari buahnya.

Seperti Anda tahu, asupan vitamin C dan serat yang tinggi bermanfaat bagi jantung dan kesehatan pencernaan, imunitas, serta dapat melindungi Anda dari jenis kanker tertentu.

Manfaat kulit jeruk

Meski punya nutrisi yang baik untuk kesehatan, kulit jeruk ternyata sangat bermanfaat untuk banyak keperluan, yang mungkin tidak pernah Anda duga. Berikut deretan manfaat yang bisa Anda dapatkan:

Menyegarkan kembali kulkas Anda

Kulkas Anda berbau tak sedap? Coba taruh beberapa kulit jeruk ke dalam kulkas. 

Ya, kulit jeruk bermanfaat untuk menyerap bau tak sedap dalam waktu singkat. Anda juga bisa mencampur kulit jeruk dengan garam dan meninggalkannya di lemari es.

Garam akan menyerap bau dan kelembapan udara di dalam lemari es. Sementara itu, kulit jeruk meninggalkan aroma buah yang segar.

Bersihkan permukaan kayu

Kulit jeruk dapat membersihkan permukaan kayu di rumah Anda, seperti dinding atau lantai rumah. Tidak hanya untuk membersihkan permukaan kayu, kulit jeruk juga membuat meja dan lemari Anda bersih dan mengkilap. 

Membersihkan lantai dan dinding dengan kulit jeruk akan meninggalkan aroma sitrus yang menyegarkan.

Jaga kebersihan lembari pakaian anda

Jika lemari pakaian Anda mulai menebarkan bau apek, coba letakkan kulit jeruk di dalam lemari. Seperti bunga rampai, kulit jeruk dapat ditempatkan di mana saja di lemari, misalnya rak atau laci. Untuk menjaga lemari Anda tetap segar, segera ganti kulit jeruk saat mengering.

Menghilangkan bau westafel

Seisi rumah bisa beraroma tak sedap biasanya karena wastafel yang bau. Untuk menghilangkannya, potonglah beberapa kulit jeruk kecil-kecil dan lemparkan kulit jeruk dalam pembuangan air wastafel.

Kulit jeruk secara alami mengandung minyak alami yang bisa mendorong lemak dan kotoran yang menempel di pipa pembuangan sampah. Saluran pembuangan Anda bersih dan bau tak sedap pun menghilang.

Mengusir serangga

Kulit jeruk mengandung konsentrasi limonene hingga 90-95 persen. Limonene adalah bahan kimia yang beracun bagi nyamuk, lalat, dan serangga lainnya.

Menempatkan potongan kulit jeruk di sekitar halaman Anda atau di dekat pintu dan jendela adalah cara sederhana dan murah untuk mengusir serangga dan nyamuk. Untuk penggunaan pribadi, cukup gosokkan kulit jeruk pada area kulit Anda untuk menghindari gigitan serangga. 

Itu adalah manfaat tak terduga dari kulit jeruk yang selama ini mungkin Anda abaikan begitu saja. Jadi, sekarang kalau mau makan jeruk jangan langsung buang kulitnya. Pakailah untuk kegunaan di atas.

Sumber

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *