4 Solusi Mengatasi Nyeri Saat Gigi Bungsu Tumbuh

Share this Article

Share this Article

Rasa nyeri sering kali dialami pada saat pertumbuhan gigi bungsu. Rasa nyeri ini dikarenakan gigi sedang berusaha tumbuh keluar melalui gusi. Jika sudah seperti ini, maka konsentrasi pun akan terganggu, dan kegiatan sehari-hari menjadi tidak terselesaikan.

Dalam istilah kodekteran, gejala ini disebut dengan Impaksi Gigi. Impaksi gigi adalah suatu keadaan dimana benih gigi atau calon gigi yang akan tumbuh terhalang jalan pertumbuhannya hingga  mengakibatkan gigi tidak dapat keluar atau tumbuh secara normal. Pada kasus impaksi gigi geraham biasanya dapat mengganggu pengunyahan.

Impaksi gigi biasanya terjadi sekitar 20% dari total populasi. Pria lebih sering mengalaminya daripada wanita.

Solusi yang paling umum ditawarkan oleh dokter untuk mengatasi rasa nyeri ini adalah mencabut gigi bungsu.

Meski umumnya gigi bungsu dicabut, ada beberapa bahan alami untuk mengatasi nyeri saat gigi bungsu tumbuh sebelum mengunjungi dokter gigi. Berikut solusi mengatasi nyeri saat gigi bungsu sedang tumbuh, yang dirangkum tim JadwalBerita!

Larutan Air Garam

Larutan Air Garam
Larutan Air Garam

Bahan alami untuk mengatasi nyeri saat gigi bungsu tumbuh yang pertama adalah larutan air garam. Larutan air garam paling sering direkomendasikan oleh dokter gigi untuk meredakan nyeri sampai menunggu jadwal operasi pengangkatan gigi bungsu.

Air garam dipercaya memiliki sifat disinfektan sehingga dapat menjaga mulut bebas dari bakteri yang menjadi penyebab utama infeksi saat pertumbuhan gigi bungsu.

Tuangkan sekitar delapan ons air hangat ke dalam gelas dan dua sendok makan garam, kemudian aduk sampai larut. Kumur-kumur dengan larutan tersebut selama tiga hingga empat kali sehari.

Dr Himani S Khandelwal, dokter gigi dari Noida dan Delhi, India juga merekomendasikan penggunaan larutan garam.

Larutan air garam hangat dapat meniru cairan tubuh. Larutan air garam hangat ini juga dapat membantu mengurangi plak dan sisa makanan yang mungkin lolos dari proses sikat gigi dan flossing

Dr Himani S Khandelwal, dokter gigi dari Noida dan Delhi, India

Kompres dengan Es

Kompres Dengan Es
Kompres Dengan Es

Bahan alami untuk mengatasi nyeri saat gigi bungsu tumbuh yang selanjutnya adalah kompres es. Cukup gunakan kompres es atau masukkan es ke dalam kantong plastik, bungkus dengan handuk dan tempelkan pada area yang bengkak. Sensasi dingin dari kompres es dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gusi.

Pertumbuhan gigi bungsu dapat menyebabkan sedikit keresahan dan rasa sakit, karena gigi molar ketiga sedang mencoba tumbuh melalui gusi Moms.

Namun, jika rasa sakitnya terlalu berat untuk ditanggung, disarankan agar Moms memeriksakan diri ke dokter karena kemungkinan gigi tidak tumbuh di tempat yang tepat, atau mulut sudah terlalu sesak untuk tumbuh.

Cengkeh

Cengkeh
Cengkeh

Bahan alami untuk mengatasi nyeri saat gigi bungsu tumbuh yang selanjutnya adalah cengkeh. Penelitian yang dterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa cengkeh dapat membantu menghilangkan rasa sakit gigi dan juga dapat menggantikan obat-obatan anestetik.

Cengkeh dapat digunakan untuk meringankan berbagai jenis sakit gigi, terutama gigi bungsu.

Penggunaan cengkeh bisa dua cara, yaitu dengan cengkeh utuh dan minyak cengkeh. Cara pertama, cengkeh utuh digigit diantara dua gigi yang sakit selama beberapa saat kemudian dibuang (tanpa dikunyah). Ulang proses tersebut tiga hingga empat kali sehari.

Kedua, menggunakan minyak cengkeh yang Eugenol, yang bertindak sebagai agen anestesi dan antibakteri. Teteskan minyak cengkeh di atas kapas, kemudian oleskan pada gusi atau sekitar gusi yang sakit.

Teh

Teh
Teh

Bahan alami untuk mengatasi nyeri saat gigi bungsu tumbuh yang selanjutnya adalah teh. Menurut penelitian American Chemical Society, kandungan tanin dalam teh memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat menghilangkan rasa sakit yang timbul dari pertumbuhan gigi bungsu.

Teh hangat juga dapat memberikan rasa lega, namun jangan ditambahkan dengan gula atau susu ya Moms. Cukup teh hangat saja.

Selain itu, cara lainnya dengan memanfaatkan kantong teh. Caranya, menyeduh secangkir teh, letakkan cangkir di lemari es, dan biarkan kantong teh di dalam cangkir.

Setelah dingin, ambil kantung teh tersebut dan letakkan di dalam mulut, tepat di atas area gigi yang sakit. Langkah ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit dengan cepat.

Itulah beberapa bahan alami untuk mengatasi nyeri saat gigi bungsu tumbuh. Bagaimana mudah dilakukan bukan?

Namun, jika tetap merasakan sakit sebaiknya periksa ke dokter gigi. Sebab, ada kemungkinan gigi bungsu tidak tumbuh di tempat yang tepat atau mulut sudah terlalu sesak untuk tumbuh.

Sumber: 4 Solusi Mengatasi Nyeri Saat Gigi Bungsu Tumbuh

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *