Perkawinan ‘Terlarang’ Membuat Monyet Di Sulawesi Punah

Share this Article

Kesulitan dalam menemukan spesies monyet membuat sulit untuk berkembang biak, akhirnya perkawinan terlarang atau hybrid terjadi dan bisa membuat monyet-monyet di wilayah Sulawesi punah.

Spesies monyet di seluruh dunia berada di wilayah Wallacea, Sulawesi. Menurut Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB), Berry Juliandi, terdapat 23 jenis monyet di dunia, namun hanya tujuh monyet yang ditemukan di wilayah Sulawesi.

Tujuh spesies monyet itu diantaranya Macaca nigram Macaca nigrescens, Macaca hecki, Macaca tonkeana, Macaca Maura, Macaca ochreatra, dan Macaca brunnescens, itulah jenis monyet yang tak di jumpai daerah lain.

Menurut Berry menjelaskan bahwa ada ancaman yang cukup serius, karena bisa membuat monyet-monyet punah. Salah satunya yaitu banyak spesies yang melakukan hybrid atau pernikahan terlarang.

“Istilah saya adalah perkawinan terlarang (perkawinan silang) yang menyebabkan monyet hybrid. Jadi yang tadinya tidak bertemu dan tidak kawin karena beda spesies, jadi bisa kawin,” kata Berry.

Akibat dari hybrid tersebut, produksi sperma hewan jenis primate menjadi rendah. Akibatnya monyet endemik Sulawesi kesulitan berkembang biak atau mandul sehingga terancam punah.

“Jadi misalnya Macaca tonkeana kawin dengan Macaca nigra atau monyet Yaki, itu kan ibarat manusia nikah sama Simpanse yang beda spesies. Ini buat monyet keturunannya mandul yang menuju pada kepunahan,” kata Berry.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *